You Are Reading

0

Membuat UFD Linux Live Untuk Belajar Linux

Yap X Liong Jumat, 02 Juli 2010
Unetbootin
Unetbootin

Perkembangan linux semakin pesat dan semakin mudah saja untuk dipelajari. Kalau diawal – awal kemunculannya linux masih susah sekali untuk dipelajari terutama buat kita yang sudah terlalu terbiasa menggunakan Windows, sekarang banyak cara untuk bisa belajar linux tanpa kita takut merusak sistem yang telah ada pada kompi kita yaitu menggunakan linux live.
Linux live adalah sebuah mode dimana sistem berjalan pada memory RAM sehingga tidak perlu diinstall pada HD kompi kita yang sudah ada Windowsnya.
Pada awalnya, linux live hanya bisa melalui CD installer linux. Namun dengan semakin pesatnya perkembangan linux, linux live bisa juga kita buat pada UFD ( Flash Disk ). Hal ini tentu sangat membantu sekali buat kita yang tidak mempunya CD Rom atau CD Drive kita lagi rusak dan keuntungan yang lain kita tidak perlu membakarnya pada CD yang tentu saja membuat kita malas kalo harus setiap ada keluaran distro linux terbaru kita mesti membakarnya ke CD.
Nah, cara untuk membuat UFD Linux Live adalah dengan menggunakan sebuah tool / aplikasi yang disebut UNETBOOTIN yang bisa Anda dapatkan disini secara gratis.
Adapun cara untuk membuat UFD (Flash Disk) Linux Live adalah sebagai berikut :
  1. Jalankan aplikasi Unetbootin dengan men-double klik / tanpa instalasi / portable, dan akan muncul windows seperti dibawah ini :
    Unetbootin-1
    Unetbootin-1
  2. Kemudian Anda bisa memilih distro yang akan Anda jadikan UFD Live. Anda bisa memilih option Distribution apabila Anda mau mempunyai koneksi internet yang kencang dengan mendownload langsung dari server distro yang dimaksud. Atau Anda bisa juga memilih CD Image / file iso (jika punya) dengan memilih option Disk Image dan klik command button search (tanda . . . ) dan cari lokasi file CD Image yang Anda punya.
  3. Langkah selanjutnya pilih USB Drive yang akan Anda gunakan menjadi UFD Linux Live – pada gambar di atas flash disk terdapat pada drive D:\ (ini tergantung dengan huruf dimana flash disk Anda berada)
  4. Langkah selanjutnya klik command button OK. Proses pembuatan berlangsung.
  5. Tunggu sampai dengan selesai yang ditandai dengan permintaan restart system.
  6. Restart komputer Anda dan rubah urutan booting dengan menekan “Del” atau “F2″ – tergantung Bios – dan taruh UFD / Flash Disk pada urutan pertama booting.
  7. Tekan F10 setelah Anda merubah urutan booting dan pilih yes pada pertanyaan apakah Anda akan menyimpan perubahan setting Bios. Komputer restart.
  8. UFD / Flash Disk Linux Live akan otomatis di load dan berjalan pada komputer Anda.
Setelah Anda menjalankan Linux Live dari UFD / Flash Disk Anda, Anda bisa mencoba dan belajar linux tanpa perlu takut kalau – kalau akan merusak sistem windows Anda karena Linux berjalan pada memory RAM komputer Anda.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.

copas from : http://mydr34ms.wordpress.com/2009/06/16/membuat-ufd-linux-live-untuk-belajar-linux/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 catatan si b4r12y
Flash Blue Blogger template by b4r12y